Home / UAS

UAS

Metro (9/4) Institut Agama Islam Agus Salim Metro akan segera melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) TA. 2018-2019 akhir bulan April 2019. Berikut Jadwal tersebut :

  • Penutupan dan Pemadatan Perkuliahan 15 – 20 April 2019
  • Penyusunan KRU (Kartu Rencana Ujian) 22 – 25 April 2019
  • Pembayaran SPP 10 – 25 April 2019
  • Pengambilan Kartu Peserta Ujian (KPU) 22-25 April 2019.
  • Pengumpulan Bahan Ajar Bagi Dosen (Buku Ajar, SAP, RPS, Silabus, dan Absensi Perkuliahan) 22 – 25 April 2019.
  • UAS Fakultas Syariah 27 – 28 April 2019 (Program Studi KPI-HK-ESY)
  • UAS Fakultas Tarbiyah 29-30 April 2019 (Program Studi PAI, PGMI, MPI).

Seluruh kegiatan tersebut berpusat di Kampus Institut Agama Islam Agus Salim Metro Lampung, Jl. Brogjend Sutiyoso, No.7 Kota Metro.

SOAL-SOAL UAS PGMI SEMESTER II TAHUN 2019

Mata Kuliah : Bahasa Arab 2 Pengampu/Penguji : Khabibul Khoiri, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Jelaskan pengertian dari  Dhomir  !
  2. Sebutkan pembagian  Dhomir dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
  3. Jelaskan perbedaan dari Dhomir Muttashil dan Munfashil !
  4. Jelaskan pengertian dari Isim Isyarah !
  5. Sebutkan pembagian Isim Isyarah dilihat dari segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
  6. Jelaskan pengertian dari  Isim Istifham !
  7. Sebutkan  tiga contoh Istifham dalam sebuah kalimat !
Mata Kuliah : Bahasa Arab 2 Pengampu/Penguji : Khabibul Khoiri, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 E. Syariah Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Jelaskan pengertian dari Isim Isyarah !
  2. Sebutkan pembagian Isim Isyarah dilihat dari segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
  3. Jelaskan pengertian dari  Isim Istifham !
  4. Sebutkan  tiga contoh Istifham dalam sebuah kalimat !
  5. Jelaskan pengertian dari isim, fi’il, dan harf dan berikna contohnya (masing-masing 1) !
  6. Jelaskan pengertian dari fi’il madhi, mudhori’ dan amr, dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
Mata Kuliah : SKI 2 Pengampu/Penguji : Erda Ermawati, M.Pd.I
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin , 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 16:30-18:00 WIB.
       
  1. Jelaskan apa yang di maksud dengan Sejarah kebudayaan islam dan mengapa kita harus mempelajari sejarah kebudayaan islam ?
  2. Apakah sama antara tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaaan islam…

Kemukakan alasan anda  jika sama atau tidak nya ?

  • Jelaskan sejarah terbentuknya dinasti bani abbasiyah ?
  • Jelaskan sebab runtuhnya dinasti bani abasiayah ?
  • Siapakah jeniskhan itu ? dan apa pengaruhnya dalam dinasti tersebut ?
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2 Pengampu/Penguji : Ernawati, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 11:00-12:30 WIB.
       
  1. a. Sekadar/ Sekedar

b. daripada / dari pada

c. ke luar / keluar

pilihlah kata baku di atas kemudian buatlah menjadi kalimat efektif dari kata baku yang sudah Anda tentukan tersebut !

  • buatlah sebuah wacana pendek perihal  isu terbaru saat ini dengan mengacu paca PUEBI!
  • Buatlah sebuah surat lamaran pekerjaan!
  • Buatlah contoh catatan kaki (ibid, op.cit, dan loc.cit)
Mata Kuliah : Al-Qur’an Hadits 1 Pengampu/Penguji : M.Ikhsan Nawawi, M.Pd.I
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 13:30-15:00
       
  1. Tuliskan undang-undang yang menyatakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, serta pemberlakuannya kurikulum K13.
  2. Sebutkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 4 (empat), 5 (lima), dan 6 (enam).
  3. Tuliskan materi pokok, metode pembelajarannya, serta media yang digunakan pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 4 (empat), 5 (lima), dan 6 (enam).
  4. Dalam suatu kegiatan atau proses pembelajaran, biasanya seorang guru dihadapkan dalam berbagai permasalahan, tuliskan tiga permasalahan yang biasanya sering dialami pada seorang guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. (proses kegiatan yang dimaksud pada pembelajaran jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 sampai kelas 6), klasifikasikan permasalahan perkelas!
  5. berikan solusi dari permasalahan yang saudara tuliskan pada soal nomor 4 (diatas)! klasifikasikan solusi perkelas!
Mata Kuliah : IPA 1 Pengampu/Penguji : Hardika Saputra, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan unsur abiotik dan unsur biotik pada ekosistem kemudian berikan masing-masing contoh-contohnya…
  2. Jelaskanlah proses terbentuknya bayi manusia…
  3. Jelaskan cara tumbuhan bereproduksi, dan sebutkan contoh-contohnya…
  4. Terdapat 2 jenis tulang pada manusia, sebutkan dan jelaskan 2 jenis tulang tersebut…
  5. Berdasarkan bentuk dan cara kerjanya otot dibedakan menjadi 3, sebutkan dan jelaskan 3 otot tersebut…
Mata Kuliah : IPS 2 Pengampu/Penguji : Rachmad Panca Putera, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI. Waktu : 09:30-11:00
       
  1. Jelaskan yang dimaksud sistem ekonomi, dan jelaskan pula sistem ekonomi bebas, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran!
  2. Menurut Anda, sistem ekonomi Indonesia termasuk sistem ekonomi apa? Jelaskan!
  3. Jelaskan perbedaan kebaikan dan keburukan sistem ekonomi bebas, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran?
  4. Jelaskan tugas Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral Indonesia!
  5. Jelaskan pengertian Bank Umum dan Bank Konvensional, serta perbedaannya dan jelaskan contohnya secara singkat!
Mata Kuliah : Aqidah Ahklak 1 Pengampu/Penguji : Ernawati, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 09:30-11:00
       
  1. Sebutkan dan jelaskan paham dan aliran-aliran dalam Akidah Islam!
  2. Jelaskan contoh Qodho’ dan Qodar dalam kehidupan?
  3. Bagaimana cara Anda sebagai calon Guru MI/SD dalam mengajarkan kepada Peserta Didik dalam mencontohkan perbedaan akhlak terpuji dengan tercela? Berikan contoh pembelajarannya!
  4. Jelaskan menurut Anda Akidah Islam tentang Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, dan hari kiamat!
Mata Kuliah : Pendidikan Seni Pengampu/Penguji : Anita Puspita Meilina, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 13:30-15:00
       
  1. jelaskan pengertian seni/pendidikan seni!
  2. sebutkan dan jelaskan cabang cabang seni!
  3. jelaskan fungsi seni/pendidikan seni!
  4. apakah tujuan mempelajari seni? Jelaskan pendapat anda!
  5. jelaskan perbedaan mozaik, montase dan kolase!
Mata Kuliah : Psikologi Umum Pengampu/Penguji : Nur Laili Hidayatul Baiti, M.Pd.I
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 15:00-16:30
       
  1. Mengapa Kejiwaan manusia itu perlu dipelajari? Dan sebutkan macam macam gejala jiwa?
    1. Apa manfaat mempelajari psikologi dalam pendidikan?
    1. Bagaimana peran psikologi dalam pendidikan?
    1. Apa yang dimaksud dengan perilaku manusia dan apasaja faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku manusia?
    1. Jelaskan pengertian persepsi dan apresiasi dan bagaimana proses pembentukannya?
Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Pengampu/Penguji : Istiqomah, M.Pd.I
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 15:00-16:30
       
  1. Jelaskan Pengertian ilmu Pendidikan Islam menurut pendapat Anda !
  2. Tuliskan minimal 3 surat dalam Al-Qur’an yang menjadi dasar pendidikan Islam beserta terjemahnya !
  3. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendidikan !
  4. Sebutkan dan jelaskan tentang lingkungan pendidikan !
  5. Menurut pendapat Anda bagaimana sistem pendidikan Islam di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan sistem pendidikan Islam, Jelaskan !
Mata Kuliah : PKN di MI Pengampu/Penguji : Pudjiono Sukoco, M.Pd., MM.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 11:00-12:30
       
  1. Apa yang dimaksud dengan ideologi ?
  2. Sebutkan beberapa fungsi ideologi !
  3. Jelaskan apa pengertian dari ideologi pancasila menurut anda ?
  4. Indonesia menghadapi tantangan yang disebut dengan bahaya laten. Jelaskan pernyataan hal tersebut secara lengkap berikut dengan contohnya.
  5. Apa pengertia dari komunisme dan liberalisme ?
  6. Dalam penegakan rule of law, kita sering mendengar istilah separatisme. Jelaskan maksud dari istilah tersebut.
  7. Tantangan dari dalam negeri sangatlah banyak terutama masalah karakter bangsa yang merusak tatanan  negara kita. Dinataranya adalah korupsi, kolusi, dan nepotisme (kkn). Jelaskan masing-masing kata tersebut !

SOAL-SOAL UAS PGMI SEMESTER IV TAHUN 2019

Mata Kuliah : Supervisi Pendidikan Pengampu/Penguji : Erda Ermawati, M.Pd.I
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Senin , 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 11:00-12:30 WIB.
       
  1. Jelaskan  pengertian ,tujuan dari supervisi pendidikan ?
  2. Jelaskan pengertian administrasi organisasi pendidikan  serta apa fungsi dari administrasi pendidikan ?
  3. Dalam administrasi kepegawaian pendidikan,ada metodepengumpulan data untuk menyusun analisis jabatan. Sebetkan dan jelaskan komponen didalamnya ?
  4. Apa pengertian penilaian pekerjaan  dan jelaskan fungsinya apan saja ?
  5. Mengapa sekolah dikatakan sebagai organisasi sosial,jelaskan dan kemukan tujuan dari pada itu ?
Mata Kuliah : Media Pembelajaran Pengampu/Penguji : Sucipto, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Jelaskan kegunaan Teknologi Pendidikan.
  2. Jelaskan tujuan media dalam proses pendidikan.
  3. Sebutkan dan Jelaskan Klasifikasi Problem Pendidikan secara singkat dan bagaimana Solusinya terhadap Problem Pendidikan dalampemanfaatan media?
  4. Jelaskan Faktor-faktor yang dapat membentuk Komunikator menjadi Efektif.
  5. Bagaimana kriteria penggunaan media pendidikan?
Mata Kuliah : Metode Pembelajaran IPA Pengampu/Penguji : Hardika Saputra, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 09:30-11:00
       
  1. Jelaskan langkah-langkah metode pembelajaran eksperimen…
  2. Sebutkan beberapa kelemahan dari metode eksperimen dibandingkan dengan metode kooperatif…
  3. Sebutkan kelemahan-kelemahan dari metode ceramah…
  4. Jelaskan apa yang dimaksud metode diskusi….
  5.  Buatkanlah contoh pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi…
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Pengampu/Penguji : Wahyu Kusumaningtyas, M,Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 16:30-18:00
       
  1. Apakah yang dimaksud variabel terikat dan variabel bebas dalam sebuah penelitian…
  2. Sebutkan perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif…
  3. Sebutkan beberapa jenis penelitian kuantitatif…
  4. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan populasi, dan sampel….
  5. Buatlah 5 buah judul penelitian PTK, dan dari judul tersebut sebutkan manakah yang termasuk variabel bebas dan variabel terikat…
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Pengampu/Penguji : Khoirunnisa, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 13:30-15:00
       
  1. Tugas yang diemban oleh guru atau pembelajar adalah mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah atau bahkan secara kreatif dan inovatif mampu menggunakan alat yang murah dan efisien untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Berdasarkan  uraian di atas, menurut anda media inovatif apa yang perlu dikembangkan untuk pengajaran di Sekolah Dasar!
  3. Sebutkan kesulitan yang anda hadapi ketika mengembangkan/mengaplikasikan media pembelajaran dikelas dan jelaskan cara anda menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut!
  • Jenis kegiatan pembelajaran seperti apa yang cocok dikembangkan di Sekolah Dasar, jelaskan!
  • Jelaskan apa yang anda pahami tentang evaluasi pembelajaran!
  • Sebutkan komponen-komponen yang harus ada dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)!
  • Apa yang membedakan RPP KTSP dan RPP kurtilas?
Mata Kuliah : Metode Pembelajaran IPS  Pengampu/Penguji : Rachmad Panca Putera, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 11:00-12:30
       
  1. Jelaskan apakah manfaat perubahan kurikulum 2013, dan bagaimana menurut Anda kurikulum 2013 layak atau tidak diterapkan di sekolah lingkungan anda!
  2. Jelaskan proses pembelajaran tematik yang anda ketahui!
  3. Jelaskan perbedaan strategi pembelajaran dengan metode pembelajaran!
  4. Sebutkan dan jelaskan kelebihan dari team teaching!
  5. Proses pembelajaran mempunyai tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jelaskan proses pembelajaran di sekolah anda berdasarkan tiga ranah tersebut?
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Islam Pengampu/Penguji : M. Agus Kurniawan, M.Pd.I
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1. PGMI Waktu : 13:30-15:00
       
  1. Kemukakan analisa filsafat yang saudara ketahui dalam masalah pendidikan
  • Hakikat Islam sebagai gejala alami yang universal menjadikan manusia memiliki pengetahuan. Mengapa Islam menjadi ajaran yang sempurna dari ajaran sebelumnya.
  • Bagaimana pandangan saudara tentang  hakikat manusia.
  • Sebagai agama mutakhir, Islam sebagai ajaran Rasululloh SAW telah membentuk keselarasan. Bagaimana dan untuk apa sebenarnya manusia ini hidup.
Mata Kuliah : MPM PAI Pengampu/Penguji : M. Agus Kurniawan, M.Pd.I
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Selasa, 30 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-0930
       
  1. Apa yang di maksud pendekatan sistem pembelajaran dengan wawasan multikultural
  1. Jenis pendekatan pembelajaran di MI adalah pendekatan individual, pendekatan kelompok, dan pendekatan edukatif. Jelaskan pandangan saudara.
  1. Untuk guru profesional di MI harus dapat memahami dan memiliki ketrampilan yang memadai dalam mengembangkan metode pembelajaran sebagaimana yang di syaratkan dalam kurikulum KKNI SN Dikti. Jelaskan metode pembelajaran Mutual Education seperti yang dicontohkan Nabi SAW.
  1. Metode pembelajaran belum maksimal mengakibatkan peserta didik memiliki keterbatasan minat terhadap materi pembelajaran .  Bagaimana pandangan saudara dalam memberikan solusi .
Mata Kuliah : psikologi perkembangan Pengampu/Penguji : Nur Laili Hidayatul Baiti, M.Pd.I
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 09:30-11:00
       
  1. Jelaskan pengertian psikologi?
  2.  Jelaskan persamaan dan perbedaan serta kaitan antara perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Beri contohnya!
  3. Apa Peran psikologi perkembangan dalam proses belajar mengajar?
  4. Bagaimana penerapan psikologi dalam bidang pendidikan dan pengajaran?
  5. Jelaskan mengapa  pembelajaran di kelas perlu memperhatikan perkembangan individual siswa ?
Mata Kuliah : Matematika 2 Pengampu/Penguji : Wahyu Kusumaningtyas, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 15:00-16:30
       
  1. Sebuah taman berbentuk persegi panjang berukuran panjang 32 m, dengan keliling 112 m. Berapa luas dari taman tersebut?
  2. Ryan mendapatkan tugas dari guru kesenian untuk membuat 8 layang-layang dengan diagonal- diagonal  45 cm  dan 30 cm. Roy pergi ke toko alat tulis untuk membeli kertas yang akan dibuat layang-layang. Kertas tersebut berbentuk persegi panjang dengan ukuran 120 cm x 80 cm. Berapa  kertas yang tidak terpakai?
  3. Pak Budi mempunyai sebidang kebun berbentuk persegi panjang dengan ukuran 8 m x 6 m. Sebagian kebun tersebut akan dibuat kolam ikan berbentuk persegi dengan ukuran 4 m. Berapa  kebun pak Budi yang tidak dibuat kolam ikan?
  4. Sebuah waduk berbentuk lingkaran dengan luas 70.650 m2

Hitunglah:

a. Diameter waduk

b. Keliling waduk

5. Dikamar Indra terdapat hiasan dinding yang berbentuk belahketupat. Panjang        diagonalnya masing-masing 22 cm dan 18 cm.  Berapakah luas hiasan dinding tersebut ?

SOAL-SOAL UAS PGMI SEMESTER VI TAHUN 2019

Mata Kuliah : Bahasa Lampung Pengampu/Penguji : Fima Andrian, M.Pd.
Semester : VI (Enam) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 09:30-11:00
       
  1. Jelaskan sejarah aksara Lampung! (minimal 3 paragraf dan tiap-tiap paragraf terdiri dari 3 kalimat)!

(Skor : 30)

  • Buatlah cerita kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Lampung kemudian tulislah aksaranya! (cerita terdiri dari 3 paragraf dan tiap-tiap paragraph terdiri dari 3 kalimat).

(Skor : 40)

  • Menurut anda, bagaimanakah manfaat mempelajari serta menyanyikan lagu daerah Lampung untuk peserta didik di sekolah dasar yang memiliki suku berbeda-beda?

(Skor : 30)

Mata Kuliah : Statistik Pendidikan 2 Pengampu/Penguji : Asih Sulistia Ningrum, M.Pd.
Semester : VI (Enam) Hari/Tanggal : Senin, 29 April 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan produktivitas kerja pegawai sebelum dan setelah diberi kendaraan dinas. Berdasarkan 25 sampel pegawai yang secara random dapat diketahui bahwa produktivitas pegawai sebelum kendaraan dinas (X1) dan sesudah diberi kendaraan dinas (X2) adalah sebagai berikut.

X1: 75  80  65  70  75  80  65  80  90  75  60  70  75  70  80  65  75  70  80  65  75  80  70  90  70

X2: 85  90  75  75  75  90  70  85  95  70  65  75  85  65  95  65  80  80  90  60  75  85  80  95  75

Buktikan hipotesis bahwa: terdapat perbedaan peningkatan produktivitas kerja pegawai setelah diberi kendaraan dinas. (dengan t-test sampel berkorelasi)! (skor 40)

  • Gambarkan dengan bagan bagaimana instrumen penelitian yang baik, serta bagaimana cara mengujinya! (skor 20)
  • Dari suatu uji coba suatu instrumen, diperoleh jumlah skor nilai semester ganjil, belahan pertama (X1) dan belahan kedua (X2) sebagai berikut:

X1: 97  94  92  81  70  60  70  40  72  61  91  81  71  74  55

X2: 92  97  92  94  96  97  94  71  61  51  70  72  71  72  45

Ujilah reabilitasnya dengan teknik Spearman Brown. Berapa jumlah reliabilitasnya! (Skor 40)