Metro (9/4) Institut Agama Islam Agus Salim Metro akan segera melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) TA. 2018-2019 akhir bulan April 2019. Berikut Jadwal tersebut :
Penutupan dan Pemadatan Perkuliahan 15 – 20 April 2019
Penyusunan KRU (Kartu Rencana Ujian) 22 – 25 April 2019
Pembayaran SPP 10 – 25 April 2019
Pengambilan Kartu Peserta Ujian (KPU) 22-25 April 2019.
Pengumpulan Bahan Ajar Bagi Dosen (Buku Ajar, SAP, RPS, Silabus, dan Absensi Perkuliahan) 22 – 25 April 2019.
UAS Fakultas Syariah 27 – 28 April 2019 (Program Studi KPI-HK-ESY)
UAS Fakultas Tarbiyah 29-30 April 2019 (Program Studi PAI, PGMI, MPI).
Seluruh kegiatan tersebut berpusat di Kampus Institut Agama Islam Agus Salim Metro Lampung, Jl. Brogjend Sutiyoso, No.7 Kota Metro.
SOAL-SOAL UAS PGMI SEMESTER II TAHUN 2019
Mata Kuliah
: Bahasa Arab 2
Pengampu/Penguji
: Khabibul Khoiri,
M.Pd.
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 08:00-09:30 WIB.
Jelaskan pengertian dari
Dhomir !
Sebutkan pembagian Dhomir
dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
Jelaskan perbedaan dari Dhomir Muttashil dan Munfashil
!
Jelaskan pengertian dari Isim Isyarah !
Sebutkan pembagian IsimIsyarah dilihat dari
segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
Jelaskan pengertian dari
IsimIstifham !
Sebutkan tiga contoh Istifham
dalam sebuah kalimat !
Mata Kuliah
: Bahasa Arab 2
Pengampu/Penguji
: Khabibul Khoiri,
M.Pd.
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 E. Syariah
Waktu
: 08:00-09:30 WIB.
Jelaskan pengertian dari Isim Isyarah !
Sebutkan pembagian IsimIsyarah dilihat dari
segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
Jelaskan pengertian dari
IsimIstifham !
Sebutkan tiga contoh Istifham
dalam sebuah kalimat !
Jelaskan pengertian dari isim, fi’il, dan harf
dan berikna contohnya (masing-masing 1) !
Jelaskan pengertian dari fi’il madhi, mudhori’ dan amr,
dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
Mata Kuliah
: SKI 2
Pengampu/Penguji
: Erda Ermawati,
M.Pd.I
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin , 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 16:30-18:00 WIB.
Jelaskan apa yang di maksud dengan Sejarah kebudayaan
islam dan mengapa kita harus mempelajari sejarah kebudayaan islam ?
Apakah sama antara tujuan dan manfaat mempelajari
sejarah kebudayaaan islam…
Kemukakan
alasan anda jika sama atau tidak nya ?
Jelaskan sejarah terbentuknya dinasti bani abbasiyah ?
Jelaskan sebab runtuhnya dinasti bani abasiayah ?
Siapakah jeniskhan itu ? dan apa pengaruhnya dalam
dinasti tersebut ?
Mata Kuliah
: Bahasa Indonesia 2
Pengampu/Penguji
: Ernawati,
M.Pd.
Semester
: II
(Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 11:00-12:30 WIB.
a. Sekadar/ Sekedar
b.
daripada / dari pada
c.
ke luar / keluar
pilihlah
kata baku di atas kemudian buatlah menjadi kalimat efektif dari kata baku yang
sudah Anda tentukan tersebut !
buatlah sebuah wacana pendek
perihal isu terbaru saat ini dengan
mengacu paca PUEBI!
Buatlah sebuah surat lamaran
pekerjaan!
Buatlah contoh catatan kaki (ibid, op.cit, dan loc.cit)
Mata Kuliah
: Al-Qur’an Hadits 1
Pengampu/Penguji
: M.Ikhsan Nawawi,
M.Pd.I
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 13:30-15:00
Tuliskan undang-undang yang menyatakan
kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, serta pemberlakuannya
kurikulum K13.
Sebutkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi
Dasar (KD) pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI)
kelas 4 (empat), 5 (lima), dan 6 (enam).
Tuliskan
materi pokok, metode pembelajarannya, serta media yang digunakan pada mata
pelajaran al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas Madrasah Ibtidaiyah
(MI) kelas 4 (empat), 5 (lima), dan 6 (enam).
Dalam
suatu kegiatan atau proses pembelajaran, biasanya seorang guru dihadapkan dalam
berbagai permasalahan, tuliskan tiga permasalahan yang biasanya sering dialami
pada seorang guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. (proses kegiatan
yang dimaksud pada pembelajaran jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 sampai
kelas 6), klasifikasikan permasalahan perkelas!
berikan solusi dari permasalahan yang saudara
tuliskan pada soal nomor 4 (diatas)! klasifikasikan
solusi perkelas!
Mata Kuliah
: IPA 1
Pengampu/Penguji
: Hardika Saputra,
M.Pd.
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 08:00-09:30 WIB.
Jelaskan apakah yang dimaksud dengan unsur abiotik dan unsur
biotik pada ekosistem kemudian berikan masing-masing contoh-contohnya…
Jelaskanlah proses terbentuknya bayi manusia…
Jelaskan cara tumbuhan bereproduksi, dan sebutkan
contoh-contohnya…
Terdapat 2 jenis tulang pada manusia,
sebutkan dan jelaskan 2 jenis tulang tersebut…
Berdasarkan bentuk dan cara kerjanya otot dibedakan menjadi 3, sebutkan dan jelaskan 3 otot tersebut…
Mata Kuliah
: IPS 2
Pengampu/Penguji
: Rachmad Panca
Putera, M.Pd.
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI.
Waktu
: 09:30-11:00
Jelaskan yang dimaksud sistem ekonomi, dan jelaskan
pula sistem ekonomi bebas, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran!
Menurut Anda, sistem ekonomi Indonesia termasuk sistem
ekonomi apa? Jelaskan!
Jelaskan perbedaan kebaikan dan keburukan sistem
ekonomi bebas, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran?
Jelaskan tugas Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral
Indonesia!
Jelaskan pengertian Bank Umum dan Bank Konvensional,
serta perbedaannya dan jelaskan contohnya secara singkat!
Mata Kuliah
: Aqidah Ahklak 1
Pengampu/Penguji
: Ernawati, M.Pd
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 09:30-11:00
Sebutkan dan jelaskan paham
dan aliran-aliran dalam Akidah Islam!
Jelaskan contoh Qodho’ dan
Qodar dalam kehidupan?
Bagaimana cara Anda sebagai
calon Guru MI/SD dalam mengajarkan kepada Peserta Didik dalam mencontohkan
perbedaan akhlak terpuji dengan tercela? Berikan contoh pembelajarannya!
Jelaskan menurut Anda Akidah
Islam tentang Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, dan hari kiamat!
Mata Kuliah
: Pendidikan Seni
Pengampu/Penguji
: Anita Puspita
Meilina, M.Pd
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 13:30-15:00
jelaskan
pengertian seni/pendidikan seni!
sebutkan dan
jelaskan cabang cabang seni!
jelaskan fungsi
seni/pendidikan seni!
apakah tujuan
mempelajari seni? Jelaskan pendapat anda!
jelaskan perbedaan
mozaik, montase dan kolase!
Mata Kuliah
: Psikologi Umum
Pengampu/Penguji
: Nur Laili Hidayatul
Baiti, M.Pd.I
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 15:00-16:30
Mengapa Kejiwaan manusia itu perlu dipelajari?
Dan sebutkan macam macam gejala jiwa?
Apa manfaat mempelajari psikologi dalam
pendidikan?
Bagaimana peran psikologi dalam
pendidikan?
Apa yang dimaksud dengan perilaku
manusia dan apasaja faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku manusia?
Jelaskan pengertian persepsi dan
apresiasi dan bagaimana proses pembentukannya?
Mata Kuliah
: Ilmu Pendidikan
Pengampu/Penguji
: Istiqomah, M.Pd.I
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 15:00-16:30
Jelaskan Pengertian ilmu
Pendidikan Islam menurut pendapat Anda !
Tuliskan minimal 3 surat
dalam Al-Qur’an yang menjadi dasar pendidikan Islam beserta terjemahnya !
Sebutkan dan jelaskan
faktor-faktor pendidikan !
Sebutkan dan jelaskan
tentang lingkungan pendidikan !
Menurut pendapat Anda
bagaimana sistem pendidikan Islam di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan
sistem pendidikan Islam, Jelaskan !
Mata Kuliah
: PKN di MI
Pengampu/Penguji
: Pudjiono Sukoco,
M.Pd., MM.
Semester
: II (Dua)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 11:00-12:30
Apa yang dimaksud
dengan ideologi ?
Sebutkan beberapa
fungsi ideologi !
Jelaskan apa pengertian
dari ideologi pancasila menurut anda ?
Indonesia menghadapi
tantangan yang disebut dengan bahaya laten. Jelaskan pernyataan hal tersebut
secara lengkap berikut dengan contohnya.
Apa pengertia dari
komunisme dan liberalisme ?
Dalam penegakan rule of
law, kita sering mendengar istilah separatisme. Jelaskan maksud dari istilah
tersebut.
Tantangan dari dalam
negeri sangatlah banyak terutama masalah karakter bangsa yang merusak
tatanan negara kita. Dinataranya adalah
korupsi, kolusi, dan nepotisme (kkn). Jelaskan masing-masing kata tersebut !
SOAL-SOAL UAS PGMI
SEMESTER IV TAHUN 2019
Mata Kuliah
: Supervisi
Pendidikan
Pengampu/Penguji
: Erda Ermawati,
M.Pd.I
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Senin , 29 April 2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 11:00-12:30 WIB.
Jelaskan
pengertian ,tujuan dari supervisi pendidikan ?
Jelaskan pengertian administrasi organisasi
pendidikan serta apa fungsi dari
administrasi pendidikan ?
Dalam administrasi kepegawaian pendidikan,ada
metodepengumpulan data untuk menyusun analisis jabatan. Sebetkan dan jelaskan
komponen didalamnya ?
Apa pengertian penilaian pekerjaan dan jelaskan fungsinya apan saja ?
Mengapa sekolah dikatakan sebagai organisasi
sosial,jelaskan dan kemukan tujuan dari pada itu ?
Mata Kuliah
: Media
Pembelajaran
Pengampu/Penguji
: Sucipto, M.Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 08:00-09:30 WIB.
Jelaskan kegunaan
Teknologi Pendidikan.
Jelaskan tujuan media
dalam proses pendidikan.
Sebutkan dan Jelaskan
Klasifikasi Problem Pendidikan secara singkat dan bagaimana Solusinya terhadap
Problem Pendidikan dalampemanfaatan media?
Jelaskan Faktor-faktor
yang dapat membentuk Komunikator menjadi Efektif.
Bagaimana kriteria
penggunaan media pendidikan?
Mata Kuliah
: Metode
Pembelajaran IPA
Pengampu/Penguji
: Hardika Saputra,
M.Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 09:30-11:00
Jelaskan
langkah-langkah metode pembelajaran eksperimen…
Sebutkan beberapa kelemahan dari metode eksperimen dibandingkan dengan
metode kooperatif…
Sebutkan
kelemahan-kelemahan dari metode ceramah…
Jelaskan apa yang
dimaksud metode diskusi….
Buatkanlah contoh pembelajaran di kelas
dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi…
Mata Kuliah
: Metodologi
Penelitian Pendidikan
Pengampu/Penguji
: Wahyu
Kusumaningtyas, M,Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 16:30-18:00
Apakah yang dimaksud variabel terikat dan variabel bebas dalam sebuah
penelitian…
Sebutkan perbedaan antara
penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif…
Sebutkan beberapa jenis
penelitian kuantitatif…
Jelaskan apakah yang dimaksud dengan populasi, dan sampel….
Buatlah 5 buah
judul penelitian PTK, dan dari judul tersebut sebutkan
manakah yang termasuk variabel bebas dan variabel terikat…
Mata Kuliah
: Perencanaan
Pembelajaran
Pengampu/Penguji
: Khoirunnisa, M.Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 13:30-15:00
Tugas yang diemban oleh guru
atau pembelajar adalah mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah
atau bahkan secara kreatif dan inovatif mampu menggunakan alat yang murah dan
efisien untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, menurut anda media inovatif apa yang perlu dikembangkan untuk pengajaran di Sekolah Dasar!
Sebutkan kesulitan yang anda hadapi ketika mengembangkan/mengaplikasikan media
pembelajaran dikelas dan jelaskan cara anda menghadapi kesulitan-kesulitan
tersebut!
Jenis kegiatan pembelajaran seperti
apa yang cocok dikembangkan di Sekolah Dasar, jelaskan!
Jelaskan apa yang anda pahami tentang
evaluasi pembelajaran!
Sebutkan komponen-komponen yang harus
ada dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)!
Apa yang membedakan RPP KTSP dan RPP
kurtilas?
Mata Kuliah
: Metode Pembelajaran
IPS
Pengampu/Penguji
: Rachmad Panca
Putera, M.Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 11:00-12:30
Jelaskan apakah manfaat
perubahan kurikulum 2013, dan bagaimana menurut Anda kurikulum 2013 layak atau
tidak diterapkan di sekolah lingkungan anda!
Jelaskan proses pembelajaran
tematik yang anda ketahui!
Jelaskan perbedaan strategi
pembelajaran dengan metode pembelajaran!
Sebutkan dan jelaskan
kelebihan dari team teaching!
Proses pembelajaran
mempunyai tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jelaskan
proses pembelajaran di sekolah anda berdasarkan tiga ranah tersebut?
Mata Kuliah
: Filsafat
Pendidikan Islam
Pengampu/Penguji
: M. Agus
Kurniawan, M.Pd.I
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1. PGMI
Waktu
: 13:30-15:00
Kemukakan analisa filsafat yang saudara ketahui
dalam masalah pendidikan
Hakikat Islam sebagai gejala alami yang
universal menjadikan manusia memiliki pengetahuan. Mengapa Islam menjadi ajaran
yang sempurna dari ajaran sebelumnya.
Bagaimana pandangan saudara tentang hakikat manusia.
Sebagai agama mutakhir, Islam sebagai ajaran
Rasululloh SAW telah membentuk keselarasan. Bagaimana dan untuk apa sebenarnya
manusia ini hidup.
Mata Kuliah
: MPM PAI
Pengampu/Penguji
: M. Agus
Kurniawan, M.Pd.I
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Selasa, 30 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 08:00-0930
Apa
yang di maksud pendekatan sistem pembelajaran dengan wawasan multikultural
Jenis
pendekatan pembelajaran di MI adalah pendekatan individual, pendekatan
kelompok, dan pendekatan edukatif. Jelaskan pandangan saudara.
Untuk
guru profesional di MI harus dapat memahami dan memiliki ketrampilan yang
memadai dalam mengembangkan metode pembelajaran sebagaimana yang di
syaratkan dalam kurikulum KKNI SN Dikti. Jelaskan metode pembelajaran
Mutual Education seperti yang dicontohkan Nabi SAW.
Metode
pembelajaran belum maksimal mengakibatkan peserta didik memiliki
keterbatasan minat terhadap materi pembelajaran . Bagaimana pandangan saudara dalam
memberikan solusi .
Mata Kuliah
: psikologi
perkembangan
Pengampu/Penguji
: Nur Laili
Hidayatul Baiti, M.Pd.I
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 09:30-11:00
Jelaskan pengertian psikologi?
Jelaskan persamaan dan perbedaan serta kaitan
antara perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Beri contohnya!
Apa Peran psikologi perkembangan dalam proses
belajar mengajar?
Bagaimana penerapan psikologi dalam bidang
pendidikan dan pengajaran?
Jelaskan mengapa pembelajaran di kelas perlu memperhatikan perkembangan
individual siswa ?
Mata Kuliah
: Matematika 2
Pengampu/Penguji
: Wahyu
Kusumaningtyas, M.Pd.
Semester
: IV (Empat)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 15:00-16:30
Sebuah taman berbentuk
persegi panjang berukuran panjang 32 m, dengan keliling 112 m. Berapa luas dari
taman tersebut?
Ryan
mendapatkan tugas dari guru kesenian untuk membuat 8 layang-layang dengan
diagonal- diagonal 45 cm dan 30 cm. Roy pergi ke toko alat tulis
untuk membeli kertas yang akan dibuat layang-layang. Kertas tersebut berbentuk
persegi panjang dengan ukuran 120 cm x 80 cm. Berapa kertas yang tidak
terpakai?
Pak Budi
mempunyai sebidang kebun berbentuk persegi panjang dengan ukuran 8 m x 6 m.
Sebagian kebun tersebut akan dibuat kolam ikan berbentuk persegi dengan ukuran
4 m. Berapa kebun pak Budi yang tidak dibuat kolam ikan?
Sebuah waduk berbentuk lingkaran dengan luas
70.650 m2.
Hitunglah:
a. Diameter waduk
b. Keliling waduk
5. Dikamar Indra terdapat hiasan dinding yang berbentuk belahketupat. Panjang diagonalnya masing-masing 22 cm dan 18 cm. Berapakah luas hiasan dinding tersebut ?
SOAL-SOAL UAS
PGMI SEMESTER VI TAHUN 2019
Mata Kuliah
: Bahasa Lampung
Pengampu/Penguji
: Fima Andrian,
M.Pd.
Semester
: VI (Enam)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 09:30-11:00
Jelaskan sejarah aksara Lampung! (minimal 3 paragraf dan
tiap-tiap paragraf terdiri dari 3 kalimat)!
(Skor : 30)
Buatlah cerita kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa
Lampung kemudian tulislah aksaranya! (cerita terdiri dari 3 paragraf dan
tiap-tiap paragraph terdiri dari 3 kalimat).
(Skor : 40)
Menurut anda, bagaimanakah manfaat mempelajari serta
menyanyikan lagu daerah Lampung untuk peserta didik di sekolah dasar yang
memiliki suku berbeda-beda?
(Skor : 30)
Mata Kuliah
: Statistik
Pendidikan 2
Pengampu/Penguji
: Asih Sulistia
Ningrum, M.Pd.
Semester
: VI (Enam)
Hari/Tanggal
: Senin, 29 April
2019
Program Studi
: S.1 PGMI
Waktu
: 08:00-09:30 WIB.
Dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
produktivitas kerja pegawai sebelum dan setelah diberi kendaraan dinas.
Berdasarkan 25 sampel pegawai yang secara random dapat diketahui bahwa
produktivitas pegawai sebelum kendaraan dinas (X1) dan sesudah diberi kendaraan dinas (X2) adalah sebagai berikut.
Buktikan
hipotesis bahwa: terdapat perbedaan peningkatan produktivitas kerja pegawai
setelah diberi kendaraan dinas. (dengan t-test sampel berkorelasi)! (skor 40)
Gambarkan dengan bagan bagaimana
instrumen penelitian yang baik, serta bagaimana cara mengujinya! (skor 20)
Dari suatu uji coba suatu instrumen,
diperoleh jumlah skor nilai semester ganjil, belahan pertama (X1)
dan belahan kedua (X2) sebagai berikut:
X1:
97 94
92 81 70
60 70 40
72 61 91
81 71 74 55
X2:
92 97
92 94 96
97 94 71
61 51 70
72 71 72 45
Ujilah reabilitasnya dengan teknik Spearman Brown. Berapa jumlah reliabilitasnya! (Skor 40)