SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER II SEMESTER TAHUN 2019
Mata
Kuliah
|
:
Bahasa Arab 2
|
Pengampu/Penguji
|
: Khabibul Khoiri, S.Pd.I, M.Pd.
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
: 23 Maret 2019
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 08:00-09:30 WIB.
|
|
|
|
|
- Jelaskan pengertian
dari Dhomir !
- Sebutkan
pembagian Dhomir dan berikan
contohnya (masing-masing 1) !
- Jelaskan perbedaan
dari Dhomir Muttashil dan Munfashil !
- Jelaskan pengertian
dari Isim Isyarah !
- Sebutkan pembagian Isim
Isyarah dilihat dari segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing
1) !
- Jelaskan pengertian
dari Isim Istifham !
- Sebutkan tiga contoh Istifham dalam sebuah
kalimat !
Mata
Kuliah
|
: Metode
Pembelajaran IPA
|
Pengampu/Penguji
|
: Hardika Saputra, M.Pd
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
:
|
|
|
|
|
- Jelaskanlah perbedaan
antara startegi, model, metode, dan teknik pembelajaran…
- Jelaskan perbedaaan
metode ceramah dengan metode demonstrasi…
- Jelaskan
langkah-langkah metode pembelajaran eksperimen…
- Sebutkan kelemahan-kelemahan
dari metode ceramah…
- Jelaskan apa yang
dimaksud metode diskusi, dan buatkanlah contoh pembelajaran di kelas dengan
menggunakan metode pembelajaran diskusi…
Mata
Kuliah
|
: IPA I
|
Pengampu/Penguji
|
: Hardika Saputra, M.Pd
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
:
|
|
|
|
|
- Sebutkanlah ciri-ciri
dari makhluk hidup…
- Jelaskanlah
pengertian dari beberapa istilah dibawah ini
- Organisme
- Sel
- Sistem Organ
- Jelaskan apakah yang
dimaksud dengan unsur abiotik dan unsur biotik pada ekosistem kemudian berikan
masing-masing contoh-contohnya…
- Jelaskanlah proses
terbentuknya bayi manusia…
- Jelaskan cara
tumbuhan bereproduksi, dan sebutkan contoh-contohnya…
Mata
Kuliah
|
: Sejarah
Kebudayaan Islam
|
Pengampu/Penguji
|
: Erda Ermawati, M.Pd.I
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
:
|
|
|
|
|
- Apa yang dimaksud
dengan sejarah kebudayaan islam dan apa manfaat kita mempelajari sejarah
kebudayaan islam ?
- Jelaskan
bagaimana cara nabi berdakwah ?
- Siapa saja
sahabat nabi yang ikut berdakwah bersama nabi ?
- Apa tujuan
memepelajari sejarah kebudayaan islam ?
- Jelaskan secara
singkat tentang bani umayyah ?
Mata
Kuliah
|
: IPS II
|
Pengampu/Penguji
|
: Rachmad
Panca Putera, M.Pd.
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Sebutkan dan jelaskan sistem sosial yang diterapkan di
Indonesia?
- Kegiatan ekonomi meliputi dari 3 hal, yaitu produksi,
konsumsi, dan distribusi. Jelaskan dan beri contohnya!
- Sebutkan dan jelaskan motif seseorang dalam melakukan
tindakan ekonomi!
- Jelaskan pengertian sistem ekonomi pasar bebas, sistem
ekonomi komando dan sistem ekonomi campuran!
- Jelaskan perbedaan sistem ekonomi pasar bebas dan
sistem ekonomi komando!
Mata
Kuliah
|
: Bahasa Indonesia 2
|
Pengampu/Penguji
|
: Ernawati, M.Pd
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Jelaskan secara singkat
sejarah Bahasa Indonesia !
- Jelaskan menurut Anda,
bagaimana perkembangan Bahasa Indonesia sampai saat ini?
- Buatlah sebuah paragraf
dengan memperhatikan Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia (PUEBI) perihal huruf dan tanda baca!
- Bagaimana menurut pandangan
Anda bahwa Bahasa Indonesia juga dapat dijadikan sebagai budaya!
- Jelaskan yang dimaksud
dengan Bahasa sebagai alat komunikasi !
Mata
Kuliah
|
: Akidah Akhlak 1
|
Pengampu/Penguji
|
: Ernawati,
M.Pd
|
Semester
|
: II (Dua)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Jelaskan menurut Anda
pengertian dari Akidah!
- Jelaskan menurut Anda
pengertian dari Akhlak!
- Bagaimana menurut pandangan
Anda, jika seseorang yang pintar dan sukses namun sikapnya terhadap orang lain
tidak baik!
- Apa keistimewaan Akidah bagi
diri Anda sendiri !
- Apa fungsi Akidah dan Akhlak
bagi kehidupan bermasyarakat !
SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER IV TAHUN 2019
Mata
Kuliah
|
: Metodologi
Penelitian Pendidikan
|
Pengampu/Penguji
|
: Hardika Saputra, M.Pd
|
Semester
|
: IV (Empat)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
:
|
|
|
|
|
- Jelaskan perbedaan
antara pendekatan penelitian ilmiah dan pendekatan non-ilmiah….
- Jelaskan apakah yang
dimaksud dengan istilah dibawah ini
- Penelitian
kuantitatif
- Penelitian kualitatif
- Penelitian research
and development (R&D)
- Sebutkan perbedaan
antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif…
- Sebutkan beberapa
jenis penelitian kuantitatif…
- Buatlah satu buah judul penelitian kuantitatif…
Mata
Kuliah
|
: Supervisi
Pendidikan
|
Pengampu/Penguji
|
: Erda Ermawati, M.Pd.I
|
Semester
|
: IV (Empat)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
:
|
|
|
|
|
- Jelaskan
pengertian supervisi pendidikan dan ruang lingkup pendidikan !
- Dalam
administrasi pendidikan ada yang disebut dengan “organisasi pendidikan”
jelaskan !
- Apa fungsi dari
administrasi organisasi pendidikan ?
- Sebutkan dan
jelaskan komunikasi organisasi !
- Apa yang
dinamakan administrasi kurikulum, jelaskan !
Mata
Kuliah
|
: Metode
Pembelajaran IPS
|
Pengampu/Penguji
|
: Rachmad
Panca Putera, M.Pd.
|
Semester
|
: IV (Empat)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Jelaskan yang dimaksud
dengan perencanaan pembelajaran dan bagaimana karakteristik perencanaan
pembelajarannya!
- Menurut anda elemen
perubahan kurikulum apa saja pada pembelajaran IPS pada tingkat SD dan SMP?
Jelaskan secara singkat!
- Jelaskan perbedaan KTSP 2006
dengan kurikulum 2013 pada tingkat SD dan SMP!
- Jelaskan perbedaan model
pembelajaran dengan metode pembelajaran?
- Apa yang dimaksud dengan team teaching dan bagaimana penerapan team teaching pada tingkat SMP jelaskan
secara singkat!
Mata
Kuliah
|
:Psikologi Perkembangan
|
Pengampu/Penguji
|
: Nurlaili Hidayatul Baiti,
M.Pd
|
Semester
|
: IV (Empat)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
Jelaskan pengertian pertumbuhan, perkembangan dan kematangan ?dan apa yang dimaksud dengan perkembangan peserta didik ? serta apa pentingnya pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER VI TAHUN 2019
Mata
Kuliah
|
: Bahasa Lampung
|
Pengampu/Penguji
|
: Fima
Andrian, M.Pd.
|
Semester
|
: VI (Enam)
|
Hari/Tanggal
|
: 17 Maret 2019
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Jelaskan sejarah suku
Lampung! (minimal 3 paragraf dan tiap-tiap paragraf minimal terdiri dari 3
kalimat)
- Jelaskan sejarah bahasa
Lampung! (minimal 3 paragraf dan tiap-tiap paragraf minimal terdiri dari 3
kalimat)
- Buatlah masing-masing 3
kalimat awalan dan akhiran Bahasa Lampung!
- Mengapa sastra lisan Lampung
perlu diajarkan pada siswa sekolah dasar?
- Pilihlah 3 segata di bawah
ini, kemudian beri contoh tiap-tiap segata yang dipilih!
- segata sanak ngababang
- segata buhaga
- segata nangguh
- segata lelagaan
- segata nyindegh
Mata
Kuliah
|
: Statistik
Pendidikan 2
|
Pengampu/Penguji
|
: Asih
Sulistia Ningrum, M.Pd
|
Semester
|
: VI (Enam)
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Program
Studi
|
:
S.1 PGMI
|
Waktu
|
: 90 Menit
|
|
|
|
|
- Mengapa statistik perlu mempelajari
kurve normal. Kapan kita perlu membuktikan bahwa data yang akan dianalisi harus
berdistribusi normal? (Bobot 15)
- Dilakukan penelitian untuk mengetahui
bagaimana kecenderungan masyarakat dalam memilih kendaraan mobil sedan dan
minibus. Berdasarkan 26 sampel yang dipilih secara random, ternyata 10 orang
memilih sedan dan 16 orang memilih minibus. Buktikan hipotesis bahwa ada
perbedaan masyarakat dalam memilih jenis mobil (peluang masyarakat dalam
memilih jenis mobil berbeda)! (Bobot 20)
- Dilakukan penelitian untuk mengetahui
ada tidaknya peningkatan penjualan suatu barang., sebelum dan sesudah adanya
pemasangan iklan. Data penjualan ebelum pemasangan iklan (X1) dan
sesudah pemasangan iklan (X2) adalah sebagai berikut.
X1 :
128 30
140 110 115
90 70 85
100 114 70 150 150
120
X2 :
200 140
300 500 180
600 700 500
400 420 240
460 400
300
500
Buktikan hipotess bahwa: terdapat
peningkatan penjualan setelah ada pemasangan iklan. (dengan t-test sampel
berkorelasi)! (Bobot 25)
- Dilakukan penelitian untuk menguji
hipotesis bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan siswa
perempuan dalam matapelajaran matematika. Berdasarkan sampel yang diambil
secara random, dan setelah di test diperoleh kemampuan siswa laki-laki (X1)
dan perempuan (X2) sebagai berikut.
X1 :
70 80
76 40 80
70 90 99
60 50 76
41 72 90 50
X2 :
70 70
90 40 90
80 70 40
50 90 70
40 72 80 42
Buktikan hipotesis tersebut dengan independent
sample t-test! (Bobot 25)
- Untuk mengetahui hipotesis berapa
lama daya tahan batu baterai merek tertentu diperlukan sebuah sampel. Taraf
kepercayaan yang dikehendaki adalah 95%.perbedaan antara yang dihipotesiskan
dengan tolak ukur yang ditetapkan dari pabrik tidak lebih dari 10%. Jika
simpangan baku daya tahan batu baterai telah diketahui sebesar 15%, berapa
jumlah umur sampel yang akan digunakan untuk penelitian! (Bobot 15)