Home / UTS

UTS

SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER II SEMESTER TAHUN 2019

Mata Kuliah : Bahasa Arab 2 Pengampu/Penguji : Khabibul Khoiri, S.Pd.I, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal : 23 Maret 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 08:00-09:30 WIB.
       
  1. Jelaskan pengertian dari  Dhomir  !
  2. Sebutkan pembagian  Dhomir dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
  3. Jelaskan perbedaan dari Dhomir Muttashil dan Munfashil !
  4. Jelaskan pengertian dari Isim Isyarah !
  5. Sebutkan pembagian Isim Isyarah dilihat dari segi jaraknya dan berikan contohnya (masing-masing 1) !
  6. Jelaskan pengertian dari  Isim Istifham !
  7. Sebutkan  tiga contoh Istifham dalam sebuah kalimat !
Mata Kuliah : Metode Pembelajaran IPA Pengampu/Penguji : Hardika Saputra, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu :
       
  1. Jelaskanlah perbedaan antara startegi, model, metode, dan teknik pembelajaran…
  2. Jelaskan perbedaaan metode ceramah dengan metode demonstrasi…
  3. Jelaskan langkah-langkah metode pembelajaran eksperimen…
  4. Sebutkan kelemahan-kelemahan dari metode ceramah…
  5. Jelaskan apa yang dimaksud metode diskusi, dan buatkanlah contoh pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi…
Mata Kuliah : IPA I Pengampu/Penguji : Hardika Saputra, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu :
       
  1. Sebutkanlah ciri-ciri dari makhluk hidup…
  2. Jelaskanlah pengertian dari beberapa istilah dibawah ini
  3. Organisme
  4. Sel
  5. Sistem Organ
  6. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan unsur abiotik dan unsur biotik pada ekosistem kemudian berikan masing-masing contoh-contohnya…
  7. Jelaskanlah proses terbentuknya bayi manusia…
  8. Jelaskan cara tumbuhan bereproduksi, dan sebutkan contoh-contohnya…
Mata Kuliah : Sejarah Kebudayaan Islam Pengampu/Penguji : Erda Ermawati, M.Pd.I
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu :
       
  1. Apa yang dimaksud dengan sejarah kebudayaan islam dan apa manfaat kita mempelajari sejarah kebudayaan islam ?
  2. Jelaskan bagaimana cara nabi berdakwah ?
  3. Siapa saja sahabat nabi yang ikut berdakwah bersama nabi ?
  4. Apa tujuan memepelajari sejarah kebudayaan islam ?
  5. Jelaskan secara singkat tentang bani umayyah ?
Mata Kuliah : IPS II Pengampu/Penguji : Rachmad Panca Putera, M.Pd.
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Sebutkan dan jelaskan sistem sosial yang diterapkan di Indonesia?
  2. Kegiatan ekonomi meliputi dari 3 hal, yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Jelaskan dan beri contohnya!
  3. Sebutkan dan jelaskan motif seseorang dalam melakukan tindakan ekonomi!
  4. Jelaskan pengertian sistem ekonomi pasar bebas, sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi campuran!
  5. Jelaskan perbedaan sistem ekonomi pasar bebas dan sistem ekonomi komando!
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2 Pengampu/Penguji : Ernawati, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Jelaskan secara singkat sejarah Bahasa Indonesia !
  2. Jelaskan menurut Anda, bagaimana perkembangan Bahasa Indonesia sampai saat ini?
  3. Buatlah sebuah paragraf dengan memperhatikan  Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) perihal huruf dan tanda baca!
  4. Bagaimana menurut pandangan Anda bahwa Bahasa Indonesia juga dapat dijadikan sebagai budaya!
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan  Bahasa sebagai alat komunikasi !
Mata Kuliah : Akidah Akhlak 1 Pengampu/Penguji : Ernawati, M.Pd
Semester : II (Dua) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Jelaskan menurut Anda pengertian dari Akidah!
  2. Jelaskan menurut Anda pengertian dari Akhlak!
  3. Bagaimana menurut pandangan Anda, jika seseorang yang pintar dan sukses namun sikapnya terhadap orang lain tidak baik!
  4. Apa keistimewaan Akidah bagi diri Anda sendiri !
  5. Apa fungsi Akidah dan Akhlak bagi kehidupan bermasyarakat !

SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER IV TAHUN 2019

Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Pendidikan Pengampu/Penguji : Hardika Saputra, M.Pd
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu :
       
  1. Jelaskan perbedaan antara pendekatan penelitian ilmiah dan pendekatan non-ilmiah….
  2. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan istilah dibawah ini
  3. Penelitian kuantitatif
  4. Penelitian kualitatif
  5. Penelitian research and development (R&D)
  6. Sebutkan perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif…
  7. Sebutkan beberapa jenis penelitian kuantitatif…
  8. Buatlah satu buah judul penelitian kuantitatif…
Mata Kuliah : Supervisi Pendidikan Pengampu/Penguji : Erda Ermawati, M.Pd.I
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu :
       
  1. Jelaskan pengertian supervisi pendidikan dan ruang lingkup pendidikan !
  2. Dalam administrasi pendidikan ada yang disebut dengan “organisasi pendidikan” jelaskan !
  3. Apa fungsi dari administrasi organisasi pendidikan ?
  4. Sebutkan dan jelaskan komunikasi organisasi !
  5. Apa yang dinamakan administrasi kurikulum, jelaskan !
Mata Kuliah : Metode Pembelajaran IPS Pengampu/Penguji : Rachmad Panca Putera, M.Pd.
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan perencanaan pembelajaran dan bagaimana karakteristik perencanaan pembelajarannya!
  2. Menurut anda elemen perubahan kurikulum apa saja pada pembelajaran IPS pada tingkat SD dan SMP? Jelaskan secara singkat!
  3. Jelaskan perbedaan KTSP 2006 dengan kurikulum 2013 pada tingkat SD dan SMP!
  4. Jelaskan perbedaan model pembelajaran dengan metode pembelajaran?
  5. Apa yang dimaksud dengan team teaching dan bagaimana penerapan team teaching pada tingkat SMP jelaskan secara singkat!
Mata Kuliah :Psikologi Perkembangan Pengampu/Penguji : Nurlaili Hidayatul Baiti, M.Pd
Semester : IV (Empat) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       

Jelaskan pengertian pertumbuhan, perkembangan dan kematangan ?dan apa yang dimaksud dengan perkembangan peserta didik ? serta apa pentingnya pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik

SOAL-SOAL UTS PGMI SEMESTER VI TAHUN 2019

Mata Kuliah : Bahasa Lampung Pengampu/Penguji : Fima Andrian, M.Pd.
Semester : VI (Enam) Hari/Tanggal : 17 Maret 2019
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Jelaskan sejarah suku Lampung! (minimal 3 paragraf dan tiap-tiap paragraf minimal terdiri dari 3 kalimat)
  2. Jelaskan sejarah bahasa Lampung! (minimal 3 paragraf dan tiap-tiap paragraf minimal terdiri dari 3 kalimat)
  3. Buatlah masing-masing 3 kalimat awalan dan akhiran Bahasa Lampung!
  4. Mengapa sastra lisan Lampung perlu diajarkan pada siswa sekolah dasar?
  5. Pilihlah 3 segata di bawah ini, kemudian beri contoh tiap-tiap segata yang dipilih!
  6. segata sanak ngababang
  7. segata buhaga
  8. segata nangguh
  9. segata lelagaan
  10. segata nyindegh
Mata Kuliah : Statistik Pendidikan 2 Pengampu/Penguji : Asih Sulistia Ningrum, M.Pd
Semester : VI (Enam) Hari/Tanggal :
Program Studi : S.1 PGMI Waktu : 90 Menit
       
  1. Mengapa statistik perlu mempelajari kurve normal. Kapan kita perlu membuktikan bahwa data yang akan dianalisi harus berdistribusi normal? (Bobot 15)
  2. Dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana kecenderungan masyarakat dalam memilih kendaraan mobil sedan dan minibus. Berdasarkan 26 sampel yang dipilih secara random, ternyata 10 orang memilih sedan dan 16 orang memilih minibus. Buktikan hipotesis bahwa ada perbedaan masyarakat dalam memilih jenis mobil (peluang masyarakat dalam memilih jenis mobil berbeda)! (Bobot 20)
  3. Dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penjualan suatu barang., sebelum dan sesudah adanya pemasangan iklan. Data penjualan ebelum pemasangan iklan (X1) dan sesudah pemasangan iklan (X2) adalah sebagai berikut.

X1              : 128   30  140  110  115  90  70  85  100  114  70  150  150  120

X2              : 200  140  300  500  180  600  700  500  400  420  240  460  400 

  300  500

Buktikan hipotess bahwa: terdapat peningkatan penjualan setelah ada pemasangan iklan. (dengan t-test sampel berkorelasi)! (Bobot 25)

  • Dilakukan penelitian untuk menguji hipotesis bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam matapelajaran matematika. Berdasarkan sampel yang diambil secara random, dan setelah di test diperoleh kemampuan siswa laki-laki (X1) dan perempuan (X2) sebagai berikut.

X1              : 70  80  76  40  80  70  90  99  60  50  76  41  72  90  50

X2              : 70  70  90  40  90  80  70  40  50  90  70  40  72  80  42

Buktikan hipotesis tersebut dengan independent sample t-test! (Bobot 25)

  • Untuk mengetahui hipotesis berapa lama daya tahan batu baterai merek tertentu diperlukan sebuah sampel. Taraf kepercayaan yang dikehendaki adalah 95%.perbedaan antara yang dihipotesiskan dengan tolak ukur yang ditetapkan dari pabrik tidak lebih dari 10%. Jika simpangan baku daya tahan batu baterai telah diketahui sebesar 15%, berapa jumlah umur sampel yang akan digunakan untuk penelitian! (Bobot 15)